Rabu, 28 Maret 2018

20 Pengertian dan Fungsi Membran Tilakoid, Grana Serta Stroma Pada Struktur Kloroplas

Pengertian dan Fungsi Membran Tilakoid 
Membran Tilakoid merupakan bagian yang terletak pada storama. Tilakoid sendiri merupakan sekumpulan karung membran. Jumlah Tilakoid pada setiap dapat ditemukan berbeda-beda. 

Pada Tilakoid dapat ditemukan klorofil didalamnya yanh memiliki fungsi dalam reaksi terang proses fotosintesis. 

Membran Tilakoid juga mengandung protein kompleks yang merupakan bagian penting untuk terjadinya proses reaksi terang pada fotosintesis tanaman. Fotosistem I dan Fotosistem II merupakan bagian kompleks yang masuk dalam panen cahaya dengan klorofil dan karotenoid. Mereka juga memiliki fungsi dalam menyerap energi cahaya dan menggunakannya untuk energi elektron. 

Dalam membran Tilakoid juga terdapat kumpulan elektron elektron yang memiliki fungsi untuk memompa ion hidrogen kedalam ruang Tilakoid hal ini berguna dalam menurunkan pH atau kadar keasaman. 

Tilakoid sendiri terbagi menjadi dua, yakni Tilakoid granal, yang disusun dakam grana yang memiliki bentuk cakram melingkar dengan diameter sekitar 300 hingga 600 nm. Yang kedua yaitu jenis Tilakoid Stroma, yang ini merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan Stroma, bagian ini memiliki bentuk seperti lembaran helikoid. 

Fungsi dari Tilakoid yaitu untuk mnangakap energi cahaya yang kemudian akan diubah menjadi energi kimia, sedang pada Tilakoid yang bertempat pada storama memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. 

Grana

Jika beberapa Tilakoid yang berbentuk cakram diatur dan dibentuk kemudian ditumpuk satu zama lain, maka inilah yang disebut dengan Grana. Grana sendiri akan terhubung oada tumpukan ini dengan melalui tilakoid intergrana atau tilakoid stroma. Grana sendiri memiliki ukuran diameter sebesar 0.3 hingga 2.7 nm. Pada setiap Kloroplas biasanya hanya terdapat 40 hingga 60 grana yang akan tersebar dengan Matriks Kloroplas. 

Fungsi dari grana sendiri ialah untuk melindungi terjadinya reaksi terang. 

Storama 

Storama merupakan suatu cairan yang biasanya ada pada membran membran ganda. Pada storama terdapat komponen komponen internal serta zat terlarut yang menyebar. Bukan hanya itu, storama sendiri mengandung beberapa enzim yang diperlukan. Kandung lain yang ada pada storama diantaranya ialah DNA Kloroplas, Ribosom Kloroplas, sistem Tilakoid, granula pati dam banyak sekali proto yang dapat ditemukan pada storama. 

Fungsi dari storama sendiri ialah untuk menyimpan hasil dari fotosintesis yang akan terjadinya siklus Calvin atau terjadinya reaksi gelap. 

Itu dia pengertian dan Fungsi Membran Tilakoid, Grana Serta Stroma Pada Struktur Kloroplas. 

Didalam struktur Kloroplas, bukan hanya bagian bagian tersebut saja yang tersedia melainkan pula masih ada bagian bagian yang lainnya. Berikut ini yang termasuk kedalam bagian bagian Kloroplas lainnya. 

- Membran Luar Kloroplas 

Fungsi dari membran ini ialah untuk melewatkan para molekul yang memiliki sepuluh kilo Dalton tanpa melakukan selektivitas dengan mengalangi ruang inti membran dengan membran dalam dengan bagian luar Kloroplas. 

Membran luar sendiri memiliki jumlah lipatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan membran dalam. Membran luar sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur keluar masuknya suatu zat. 

- Membran Dalam Kloroplas 

Membran dalam memiliki fungsi sebagai tempat transfer protein yang telah melekat. Hal ini dilakukan untuk memiliki molekul mana saja yang akan melakukan keluar masuk sebagai transpor aktif membran. 

Membran dalam biasanya akan selalu menutupi bagian Daerah yang memiliki cairan seperti storama.  Membran dalam juga memiliki lipatan didalamnya, lipatan ini membentuk struktur seperti tumpukan piring yang saling terhubung. 

- Ruang antar membran 

Ruang antar membran merupakan pemisah dengan ketebalan sekitar 20 nm yang memisahkan antara membran dalam dan juga membran luar. 

Artikel Terkait