Rabu, 28 Maret 2018

15 Mengenal Pengertian Dan Fungsi Vakuola, Kloroplas dan Dinding Sel

Pengertian Vakuola Serta Fungsinya

Vakuola merupakan organel pada sitoplasma yang memiliki bentuk berupa cairan dan dibatasi oleh membran plasma. Vakuola biasannya terbentuk karena adanya pelipatan membran sel kearah daam, didalam Vakuola juga dapat ditemukan buangan didalamnya.

Vakuola yabg berbentuk kecil kecil biasanya terdapat pada sel tumbuhan, akan tetapi dengan matangnya sel membuat bagian tengah dari Vakuola menjadi lebih besar.

Nah, berikut ini merupakan fungsi fungsi yanh didapatk dari Vakuola.

1. Vakuola berfungsi untuk memasukkan air dari tonoplas yang memiliki sifat diferensial permiable yang dapat membentuk turgor
2. Didalam Vakuola terdapat pigmen yang terbentuk dalam larutan seperti antosian. Antosian memiliki kemampuan dalam memberikan warna pada buah, daun dwn bunga.
3. Vakuola pada sel tumbuhan terkadang mengandung enzim hidrolitik yang dqpat bertindak sebagai Lisosom pada waktu hidup

Pengertian Kloroplas Serta Fungsinya

Kloroplas ialah sebuah plastid yang mengandung klorofil di dalamnya, Kloroplas juga digunakan sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis.

Bentuk dati Kloroplas ialah berbentuk lensa atau butir dan juga pipih yang dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop dan menggunakan tingkat perbesaran yabg paling kuat.

Struktur dan Fungsi Kloroplas

Kloroplas terdiri dari berbagai mecam struktur dan diantaranya ialah berikut ini.

1. Membran luar

Membran luar memiliki fungsi dalam mengatur keluar masuknya zat pada sel.

2. Ruang Antar membran

Ruang antar membran merupakan sebuah ruangan pemisah antara membra luar dengan membran dakam. Tebal dari ruang antar membran sendiri berkisar pada 10 nm.

3. Membran Dalam

Membran ini merupakan sebuah penghalang antara stitosl dan storama.

4. Tilakoid

Tilakoid Memiliki fungsi sebagai tempat reaksi terang, Tilakoid berperan untu menangkap energi dari cahaya matahari

5. Stroma

Stroma merupakan membran bagian dalam yang membungkus Kloroplas. Stroma memiliki fungsi terbalik dari Tilakoid, yaitu sebagai tempat reaksi berlangsungnya gelap

6. Granum

Granum merupakan kumpulan Tilakoid yang berbentuk bertumpuk tumpuk seperti uang logam

7. DNA Plastida

Pada plastida terdapat gen pembawa sifat yang ada didalamnya, gen pembawa sifat ini juga berfungsi dalam replikasi Kloroplas yaitu sebuah pembelahan sel Kloroplas

8. Ribosom

Ribosom memiliki fungsi sebagai síntesis protein

9. Pati

Pati merupakan hasil dari fotosintesis yang kemudian disimpan dalam bentuk aluminium atau disebut dengan pati

Pengertian Dinding Sel dan Fungsinya

Dinding sel merupakan organel terluar dari sel yabg memiliki kandungan kritin, selulosa, garam kalbonat, silikat dan juga lignin.

Dinding sel memiliki tiga lapisan diantaranya ialah.

1. Lamella Tengah

Lamella tengah merupakan lapisan antar sel yang terletak pada dua dinding primer dari dua sel. Lamella tengah memiliki kandungan berupa enzim pektinase yang dapat melarutkan pektin yang kemudian menyebabkan jaringsn terurai menjadi sel individual.

2. Dinding Primer

Dinding primer merupakan dinding sel pertama yang kemudian berkembang pada sel baru. Kebanyakan dari sel memiliki dinding primer didalamnya. Dinding primer sendiri merupakan bagian dari dinding sel.

3. Dinding Sekunder

Dinding sekunder dibentuk secara bersebelahan dengan dinding primer. Pada sebagian besar sel trakeida memiliki tiga lapisan dinding sekunder, yakni Dinding Sekunder dalam, dinding sekunder tengah dan juga dinding sekunder luar.

Berikut ini merupakan fungsi dari dinding sel.

1. Pada dinding sel, didalamnya terdapat kandungan selulosa yang membantu dalam melindungi sel tanaman untuk bertahan hidup dengan cara menyediakan kerangka kerja.
2. Dinding sel berfungsi dalam menjaga tanaman untuk tetap dalam bentuknya. Hal ini dilakukan ketok dinding sel melakukan perlindungan sel sel, pada saat bersamaan dilakukan pula upaya untuk memungkinkan tanaman agar tumbuh keatas dan juga membesar.


Artikel Terkait